Jumat, 29 April 2011

Tugas Pancasila 3


Tugas
Coba anda jelaskan apa yang dimaksud dengan :
1. Aspek alamiah ketahanan nasional yang meliputi :
a. Posisi dan lokasi geografi negara
b. Keadaan dan kekayaan alam
c. Keadaan dan kemampuan penduduk
2. Aspek sosial/kemasyarakatan adalah :
a. Ideologi
b. Politik
c. Sosial
d. Budaya
e. Pertahanan dan Keamanan
3. Menurut anda bagaimana peranan ideologi Pancasila dalam
perkembangan Bangsa Indonesia saat ini?
Jawab :
1 a. posisi dan lokasi geografi Negara
       Dimana setiap masyarakat  bertempat tinggal dimana pun letak dan posisinya selama dalam kenegaraan Indonesia, mereka wajib mempertahankan dan membela Negara Indonesia dari ancaman atau serangan dari luar.
 

   b. keadaan dan kekayaan alam
       Indonesia merupakan Negara kesatuan yang kaya dengan penghasilan alamnya, jelas tidak salah kalau Negara lain menjajah Negara Indonesia untuk mendapatkan hasil rempah-rempah dari Negara kita. Namun jaman sekarang telah berbeda, Indonesia telah merdeka, semua tindak kekerasaan atau penjajahan sudah ada tindak hukumnya, selain itu sebagai masyarakat Indonesia juga harus menjaga apa yang menjadi dan milik hak kita, jangan ada lagi dari bangsa lain yang meng-klaim apa yang menjadi milik kita.
    c. keadaan dan kemampuan penduduk
       dalam bentuk apapun keadaannya, masyarakat harus mampu mebela Negara dan mempertahankan Negara, tidak ada pandang bulu.
2.
a.ideologi
       di dalam ideologi suatu bangsa Indonesia terdapat cita-cita dan harapan yang tumbuh dalam setiap individu yang membuat suatu kekuatan dalam diri masyarakat indonesia sehingga menciptakan  ketahanan terhadap rakyat Indonesia.
       b.politik
       politik di Indonesia diciptakan dan diatur sedemikian rupa untuk menciptkan ketahanan dalam Negara Indonesia.
       c.sosial
       kehidupan bersosial anatara individu masyarakat yang terjadi dapat menciptakan ketahanan dalam bermasyrakat dengan ancaman dari dalam maupun dari luar.
       d.budaya
       kebudayaan yang beraneka ragam yang ada di Indonesia di harapkan dapat menciptakan kekuatan terhadap bangsa Indonesia untuk kita lebih bersatu dalam melindungi apa yang menjadi milik dan hak kita.
       e.pertahanan dan keamanan
       pertahanan dan keamanan di Negara Indonesia dibentuk sudah pasti untuk melindungi ketahanan dan keamanan Negara Indonesia dari serangan atau intrik dari dalam maupun luar Negara.

3. Peranan ideologi pancasila dalam masyarakat menutut saya belum terlaksana secara efektif, kita sadar sekali akan makna yang terkadung dalam pancasila yang belum dipahami dan dijalankankan oleh sebagaian besar masyrakat Indonesia, terutama anak muda sekarang yang tak mengerti akan nilai pancasila itu sendiri, pancasila dirancang dan dibuat adalah bertujuan agar Negara Indonesia memiliki cirri tersendiri akan tujuan dalam bernegara ini, namun dalam pengamalannya ideologi pancasila belum dapat dipahami oleh kebnyakan orang, bahkan sekarang banyak yang salah mengartikan dan memutar balikan nilai yang terkndung dalam sila-sila tersebut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar